Nama-nama anggota kelompok
Ø Paras Wantrika Situmorang (111301090)
TOPIK :
JUDUL:
Peran Teknologi,
Khususnya Internet sebagai Media Belajar pada Mahasiswa
LATAR BELAKANG
Teknologi
sering dikaitkan dengan adanya komputer. Komputer sangat erat kaitannya dengan
internet. Internet adalah inti dari komunikasi melalui komputer. Sistem
internet terdiri dari ribuan jaringan komputer yang saling terhubung di seluruh
dunia, menyediakan berbagai informasi tak terhingga yang dapat diakses
orang-orang dari berbagai kalangan. Pada banyak kasus, internet menyediakan
informasi yang lebih up-date dibanding
buku teks (text book).
Melihat
fenomena yang terjadi akhir-akhir ini, apalagi memasuki era globalisasi yang
semakin jelas di depan mata, internet juga kian marak sebagai salah satu media
yang sangat diminati oleh orang-orang dari berbagai kalangan dan umur. Hal ini
jugalah yang membuat kami tertarik untuk
melihat sejauh mana internet telah mempengaruhi kehidupan mahasiswa khususnya.
Mahasiswa
dewasa ini tumbuh di dunia yang jauh berbeda dengan di masa ketika orangtua dan
kakek nenek mereka masih menjadi seorang pelajar. Sebagai orang-orang yang khusus
akan diterjunkan dalam dunia kerja, mahasiswa sangat perlu menguasai teknologi
apalagi intenet yang sudah sangat umum, bahkan sangat diperlukan dalam dunia
kerja. Jika seseorang ingin terjun dalam dunia kerja, mau tak mau teknologi
juga harus sudah melekat juga dalam dirinya.
Teknologi,
khususnya merupakan salah satu tema yang penting dalam pendidikan saat ini.
Artinya setiap pelajar memang sudah dituntut untuk menguasai teknologi
khususnya internet jika ingin bertahan pada era globalisasi yang semakin marak
ini.
Dalam
kesempatan kali ini, kami mengadakan survey untuk melihat sudah sejauh mana
internet mempengaruhi kehidupan mahasiswa, khususnya di Medan. Kami ingin apa
sebenarnya pengaruh internet tersebut secara langsung dalam kehidupan
mahasiswa, dan apa tanggapan mereka terhadap penggunaan internet yang sudah
semakin marak.
LANDASAN
TEORI
Teknologi berasal dari istilah
teckne yang berarti seni (art) atau keterampilan. Menurut Dictionary of
Science, teknologi adalah penerapan pengetahuan teoritis pada masalah-masalah
praktis.
Untuk membatasi pengertian teknologi yang luas, maka pengertian teknologi
dapat dikelompokan sebagai berikut :
- Teknologi sebagai barang buatan
Tidak ada manusia yang sempurna, semua pasti memiliki kelemahan. Kelemahan yang ada pada diri manusia itu kemudian diminimalisir dengan adanya teknologi agar kelemahan yang dimiliki manusiapun menjadi sedikit berkurang. Tetapi barang-barang buatan tidak hanya terbatas pada kelemahan manusia saja tetapi sesuatu yang tadinya belum terpikirkan.
- Teknologi sebagai kegiatan manusia
Kegiatan manusia tidak lepas dari kegiatan membuat dan menggunakan. Kegiatan manusia itu merupakan bentuk dari teknologi itu sendiri.
- Teknologi sebagai kumpulan pengetahuan
Kegiatan membuat dan menggunakan pasti tidak akan lepas dari ilmu membuat (produk) dan ilmu menggunakan (komsumsi). Ilmu tersebut merupakan kumpulan dari pengetahuan yang didapat manusia dari berbagai sumber.
- Teknologi sebagai kebulatan sistem
Pembahasan yang bulat dan menyeluruh akan tercapai kalau teknologi ditinjau sebagai suatu sistem. Ini berarti teknologi dibahas sebagai suatu kebulatan unsur-unsur yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalam lingkungan sistem itu sendiri.
Internet dapat diartikan sebagai
jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai
komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya
terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang
dinamis dan interaktif.
Teknologi informasi, khususnya internet menjadi media
yang penting saat ini. Internet banyak digunakan dalam berbagai bidang. Teknologi
informasi memiliki peranan : (1) dapat menggantikan peran manusia, dalam hal
ini dapat melakukan otomasi terhadap tugas atau proses; (2) memperkuat peran
manusia, yakni dengan menyajikan informasi terhadap suatu tugas dan proses; (3)
berperan dalam restrukturissi terhadap peran manusia, dalam melakukan
perubahan-perubahan terhadap kumpulan tugas dan proses.
Kemudahan–kemudahan yang ditawarkan internet membuat
banyak orang tertarik untuk menggunakannya. kehadiran internet menjadi
kebutuhan dalam dunia pendidikan saat ini. Internet tidak hanya digunakan dalam
proses pembelajaran di kelas, namun juga mulai digunakan di berbagai registrasi
dalam dunia pendidikan. Hal ini membuat
internet semakin dekat dengan dunia pendidikan.
Pergeseran yang terjadi saat ini adalah berpindahnya
pusat pembelajaraan dari teacher center menjadi student center. Hal ini membuat
kebutuhan akan internet semakin meningkat. Internet saat ini telah menjadi
media pembelajaran bagi mahasiswa khususnya. Berbagai bentuk
aplikasi dan fasilitas yang tersedia di internet dapat dimanfaatkan secara
maksimal untuk peningkatan kualitas dan mutu pembelajaran. Internet memungkinkan
seorang mahasiswa untuk memperoleh informasi yang lebih luas bagi seorang
mahasiswa sebelum pembelajaran di kelas diadakan.
Internet sangat efektif untuk dijadikan sebagai media
pembelajaran karena menyediakan akses yang sangat luas. Media yang baik adalah
media yang mampu memberi akses yang luas. Semakin luas jangkauan sebuah media
pembelajaran maka akan semakin baik sebuah pembelajaran itu. Semakin banyak
informasi yang kita peroleh tentang sesuatu maka akan semakin baik pemahaman
kita terhadapnya.
Internet juga sangat penting dalam peningkatan kualitas
pendidikan tinggi. Dalam melakukan peningkatan kualitas pendidikan ada beberapa
hal yang dapat dilakukan yaitu: peningkatan kompetensi
dosen, peningkatan muatan kurikulum, peningkatan kualitas pembelajaran dan penilaian
hasil belajar, peningkatan bekal ketrampilan mahasiswa, penyediaan bahan ajar
yang memadai, dan penyediaan sarana belajar. Internet akan sangat membantu dalam peningkatan sumber
belajar bagi mahasiswa juga membantu menyediakan bahan ajar bagi para pengajar.
Keterbatasan bahan di perpustakaan dapat diatasi dengan penggunaan internet.
Kebutuhan yang begitu besar akan internet menuntut
ketrampilan lebih dari mahasiswa untuk menguasai internet. Adanya ketrampilan
memanfaatkan internet dengan tepat akan sangat membantu mahasiswa dalam
menyelesaikan tugas dalam waktu yang lebih cepat.
TUJUAN
PENELITIAN
Adapun
tujuan kami melakukan penelitian ini adalah:
·
Untuk mengetahui seberapa besar internet
mempengaruhi kehidupan mahasiswa
·
Untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan
oleh internet terhadap mahasiswa
·
Untuk mengetahui perbandingan minat
mahasiswa dengan melibatkan pembelajaran dengan menggunakan internet
·
Untuk mengetahui sikap mahasiswa
terhadap penggunaan internet
SASARAN/
OBJEK OBSERVASI
Mahasiswa/i yang sedang menjalani perkuliahan
di Medan
Penjelasan
Objek atau Subjek
Objek yang kami pilih pada
penelitian ini adalah mahasiswa/i dari berbagai universitas di Medan. Adapun
alasan kami memilih objek yaitu mahasiswa/i yang ada di Medan, agar lokasi survey
tidak terlalu luas sehingga bisa menimbulkan bias. Jika lokasi survey adalah
mahasiswa di Medan, maka pengambilan data dan penarikan kesimpulan lebih bisa
dipertanggungjawabkan.
ALAT
DAN BAHAN:
Dalam melakukan survey ini, kami
akan memerlukan:
·
Kuisioner
Kuisioner
kami gunakan sebagai alat pengambilan data
·
Alat tulis
Alat
tulis kami gunakan sebagai alat untuk mencatat hasil survey
·
Kalkulator
Kalkulator
kami gunakan untuk mempermudah penghitungan data
·
Kamera
Kamera
kami gunakan untuk pengambilan gambar objek yang relevan dengan penelitian
ANALISIS
DATA
Analisis data yang kami gunakan
dalam penelitian ini adalah dengan metode survey berupa pengisian kuisioner,
baik yang online maupun dalam bentuk edaran berupa kertas. Survey kami terdiri
atas 25 buah pernyataan dengan tiga pilihan jawaban yaitu sesuai, netral, dan
tidak sesuai untuk melihat sejauh mana internet telah mempengaruhi kehidupan
mahasiswa secara individu.
Adapun pernyataan yang kami buat
untuk melakukan survey ini adalah:
·
Saya memiliki alat teknologi yang bisa digunakan untuk mengakses jaringan
internet (handphone, laptop, smartphone, tablet)
Sesuai :
81%
Netral :14%
Tidak sesuai :5%
·
Saya memiliki modem untuk dapat
mengakses internet
Sesuai :
70%
Netral :
9%
Tidak sesuai :
21%
·
Internet sangat membantu bagi mahasiswa,
terutama dengan tugas-tugas kuliah
Sesuai :
94%
Netral :
5%
Tidak sesuai :1%
·
Internet membuat media pembelajaran jauh
lebih menyenangkan dan fleksibel
Sesuai :
74%
Netral :
25%
Tidak sesuai :1%
·
Setiap hari saya pasti menggunakan
internet
Sesuai :
43%
Netral :
40%
Tidak sesuai :17%
·
Jika jaringan internet sedang
bermasalah, saya merasa sangat kesal
Sesuai :58%
Netral :38%
Tidak sesuai :4%
·
Saya sudah menggunakan teknologi
internet sejak duduk di bangku Sekolah Dasar
Sesuai :
5%
Netral :
18%
Tidak sesuai :77%
·
Saya lebih senang jika dosen memberikan
tugas dengan melibatkan penggunaan internet
Sesuai :31%
Netral :52%
Tidak sesuai :17%
·
Saya
senang dengan perubahan metode pembelajaran dewasa ini yang sudah banyak melibatkan
penggunaan internet
Sesuai :45%
Netral :51%
Tidak sesuai :4%
·
Internet memiliki pengaruh positif yang
lebih besar dibandingkan pengaruh negative
Sesuai :40%
Netral :49%
Tidak sesuai :11%
·
Tuntutan perkuliahan membuat saya harus
lebih sering mengakses internet
Sesuai :66%
Netral :30%
Tidak sesuai :4%
·
Saya lebih senang mengumpulkan tugas
lewat email
Sesuai :39%
Netral :44%
Tidak sesuai :17%
·
Saat sedang menggunakan internet untuk
kepentingan tugas, saya sering tergoda untuk membuka hal-hal lainnya (diluar
kepentingan tugas)
Sesuai :61%
Netral :32%
Tidak sesuai :7%
·
Internet merupakan media pelajaran yang
sangat membantu dan ekonomis
Sesuai :74%
Netral :22%
Tidak sesuai :4%
·
Jika website yang sangat saya senangi
ditutup, saya akan merasa sangat kesal
Sesuai :46%
Netral :41%
Tidak sesuai :13%
·
Sebelum masuk kuliah, saya selalu
browsing bahan yang relevan dengan topik
yang akan dipelajari di internet
Sesuai :14%
Netral :60%
Tidak sesuai :26%
·
Saya sangat mendukung adanya website
yang menyediakan layanan download gratis
Sesuai :85%
Netral :15%
Tidak sesuai :0%
·
Saya sering mengambil bahan kuliah yang
disediakan layanan website tertentu secara gratis
Sesuai :59%
Netral :35%
Tidak sesuai :6%
·
Selain mencari bahan kuliah, saya juga menggunakan
internet untuk mengakses hal-hal lainnya
Sesuai :77%
Netral :21%
Tidak sesuai :1%
·
Dibandingkan dengan untuk mencari
kepentingan kuliah, saya jauh lebih sering menggunakan internet untuk
kepentingan lain (seperti online jaringan sosial, main game, mendownload
lagu-lagu dan film)
Sesuai :39%
Netral :41%
Tidak sesuai :20%
·
Saya bisa mengatur diri saya kapan saat
harus menggunakan internet untuk kepentingan tugas/belajar dibandingkan dengan
menggunakan internet untuk hal lain (di luar kepentingan kuliah)
Sesuai :54%
Netral :41%
Tidak sesuai :5%
·
Saya sangat tergantung pada internet
Sesuai :13%
Netral :49%
Tidak sesuai :38%
·
Kampus saya menyediakan fasilitas yang
memungkinkan mahasiswa untuk mengakses layanan internet
Sesuai :88%
Netral :11%
Tidak sesuai :1%
·
Saya senang menghabiskan sebagian besar
waktu saya untuk menggunakan internet (>5 jam perminggu)
Sesuai :41%
Netral :45%
Tidak sesuai :14%
·
Ketika ada waktu senggang, internet
adalah pilihan terbaik
Sesuai :49%
Netral :42%
Tidak sesuai :9%
JADWAL
PERENCANAAN
Kegiatan
|
Mei
|
Juni
|
||||||||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
|||||
Pemilihan Topik
|
×
|
|||||||||||
Penentuan Judul
|
×
|
|||||||||||
Mendiskusikan metode &
pelaksanaan observasi
|
×
|
|||||||||||
Pembuatan Pendahuluan dan Landasan
Teori
|
×
|
|||||||||||
Pelaksanaan survey
|
×
|
|||||||||||
Diskusi untuk menganalisis data
yang diperoleh
|
×
|
|||||||||||
Diskusi untuk membuat kesimpulan
akhir
|
×
|
|||||||||||
Pembuatan Poster
|
×
|
|||||||||||
Evaluasi
|
×
|
|||||||||||
Posting Blog
|
×
|
|||||||||||
KALKULASI
BIAYA
Mencetak
kuisioner dalam bentuk kertas Rp.
3.600,00
Memperbanyak
kuisioner (50 buah) Rp.
25.000,00
Reward
Rp.15.000,00
JADWAL
PELAKSANAAN
Kegiatan
|
Mei
|
Juni
|
||||||||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
|||||
Pemilihan Topik
|
×
|
|||||||||||
Penentuan Judul
|
×
|
|||||||||||
Mendiskusikan metode &
pelaksanaan observasi
|
×
|
|||||||||||
Pembuatan Pendahuluan dan Landasan
Teori
|
×
|
|||||||||||
Pelaksanaan survey
|
×
|
|||||||||||
Diskusi untuk menganalisis data
yang diperoleh
|
×
|
|||||||||||
Diskusi untuk membuat kesimpulan
akhir
|
×
|
|||||||||||
Pembuatan Poster
|
×
|
|||||||||||
Evaluasi
|
×
|
|||||||||||
Posting Blog
|
×
|
|||||||||||
HASIL
SURVEY
Setelah
melaksanakan survey mengenai pengaruh internet terhadap mahasiswa, kami
mengetahui bagaimana sebenarnya pengaruh internet terhadap mahasiswa.
·
Jika
dibandingkan dengan fenomena pendidikan yang sekarang dengan sepuluh tahun yang
lalu, penggunaan media internet dan kebutuhan penggunaan internet meningkat
secara drastis
·
Sebagian
besar mahasiswa sudah memiliki alat teknologi yang dapat digunakan untuk
mengakses internet (seperti handphone, laptop, smartphone, dan tablet)
·
Internet
sangat membantu mahasiswa dalam pelaksanaan tugas-tugas kuliah apalagi dengan
biaya pengaksesan internet yang cukup ekonomis
·
Hampir
semua universitas sudah menyediakan layanan yang memungkinkan mahasiswa
mengakses layanan internet sehingga akan sangat memudahkan dan membantu
mahasiswa
·
Mahasiswa
cukup sering menggunakan internet untuk mengambil bahan kuliah, apalagi dengan
adanya layanan download gratis dari berbagai website yang semakin memudahkan
pengambilan informasi
·
Meskipun
internet juga memiliki pengaruh negatif yang besar, internet cenderung membawa
pengaruh positif terhadap mahasiswa karena mahasiswa sudah cukup mampu mengatur
kapan harus menggunakan internet untuk tugas kuliah dan kapan bisa digunakan
untuk hal-hal lainnya
·
Mahasiswa
memiliki stereotype yang positif mengenai perubahan metode belajar yang dewasa
ini sudah banyak melibatkan penggunaan internet
·
Selain
digunakan untuk kepentingan kuliah, internet juga sering digunakan mahasiswa
untuk mengakses hal-hal lainnya. Pada waktu senggang juga banyak mahasiswa yang
menggunakan waktunya untuk browsing internet. Hal ini menunjukkan bahwa
internet telah menjadi salah satu bagian yang sangat mempengaruhi kehidupan
mahasiswa
·
Internet
sudah merupakan suatu kebutuhan yang cukup penting bagi mahasiswa, apalagi
tuntutan penggunaan internet yang cukup tinggi. Hal ini ditunjukkan dari
banyaknya waktu yang dihabiskan mahasiswa untuk menggunakan internet
KESIMPULAN
Setelah
melakukan penelitian berupa survey mengenai pengaruh internet terhadap
kehidupan mahasiswa, kami mengambil kesimpulan bahwa internet merupakan
kebutuhan yang sangat diperlukan oleh mahasiswa. Selain tuntutan perkuliahan,
cukup banyak informasi yang dapat diperoleh dari internet. Cukup banyak
mahasiswa yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menggunakan internet,
itu artinya internet sudah mempengaruhi sebagian besar kehidupan mahasiswa.
Internet
merupakan media pembelajaran yang sangat cocok bagi mahasiswa karena selain
ekonomis, internet juga dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Mahasiswa juga
memiliki pandangan yang cukup positif terhadap perkembangan teknologi berupa
penggunaan internet tersebut.
EVALUASI
Kami meresa
sedikit lega setelah menyelesaikan tugas proyek mini ini. Dalam pelaksanaan
survey kami begitu banyak kendala yang kami hadapi. Terdapat beberapa
pelaksanaan yang tidak terlaksana sesuai jadwal pelaksanaan. Kami awalnya
mengalami kendela dalam menentukkan pelaksanaan observasi, kami kesulitan
memikirkan bagaimana pelaksanaannya. Kesulitan pertama karena kami harus
membuat kuisioner untuk mengumpulkan data, ditambah lagi kami melakukan
beberapa penundaan jadwal diskusi.
Keterlambatan kami dalam mempersiapkan pelaksanaan survey
akhirnya membuat kami harus mengundur tanggal pelaksanaan survey, padahal kami
membutuhkan waktu pelaksanaan yang tidak singkat. Masalah yang paling banyak
kami alami adalah dalam pembuatan kuisioner dan pengambilan data.
Meski jadwal perencanaan kami tidak sama dengan jadwal
pelaksanaan, kami tetap bersyukur karena dapat menyelesaikan tugas proyek mini
ini. Semoga pelajaran yang kami peroleh dari pengalaman mengerjakan proyek ini
dapat kami manfaatkan sebaik mungkin dan memberi perbaikan bagi kami.
TESTIMONI
Menurut
kelompok kami tugas proyek mini ini merupakan tugas yang berat. Pelaksanaan
proyek ini jauh dari yang kami bayangkan. Begitu banyak kendala yang kami alami
dalam menyelesaikan tugas ini. Beberapa kali kami harus merubah metode pelaksanaan
hingga akhirnya kami harus mengubah seluruh konsep proyek kami.
Pada
awalnya kami ingin mengamati pendidikan anak berkebutuhan khusus, namun kami
mengalami kendala dalam menemukan tempat observasi yang sesuai. Terjadi
benturan dengan teman-teman yang mengambil topik yang sama. saat telah
menemukan tempat yang sesuai, kami harus menunggu konfirmasi dari SLB yang bersangkutan dalam
waktu yang cukup lama. Setelah sepakat untuk merubah konsep, kami membuat
perencanaan baru dan akhirnya terlaksanalah survey kami.
Pengalaman
membuat survey online sangat membantu kami dalam menyelesaikan tugas ini. Ketika kami memilih untuk melaksanakan proyek
dengan metode survey , kami merasakan sesuatu yang berbeda. Dalam melaksanakan
tugas ini kami memperoleh pengalaman baru yang luar biasa, yang selama ini kami
hanya diminta untuk menjadi responden kini kami yang mencari responden. semua
ini memberi kami pengalaman yang tak terlupakan dan kami sangat bersyukur
dengan adanya penugasan ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar